Senin, 24 Maret 2008

GSM 1800

Global System for Mobile telecommunication (GSM) 1800 merupakan teknologi komunikasi bergerak terbaru saat ini. GSM 1800 merupakan nama lain dari Digital Cellular System ( DCS ) 1800, sebuah sistem komunikasi personal ( Personal Communication Network - PCN ) dari Eropa. Seperti halnya sebuah jaringan komunikasi digital, GSM 1800 memiliki prinsip kerja standar yang sama dengan GSM lain, tetapi teknologi ini menggunakan frekuensi yang lebih tinggi. GSM 900 yang ada saat ini bekerja pada frekuensi 900 MHz sementara GSM 1800 menggunakan frekuensi 1800 MHz (1,8 GHz).
Teknologi GSM 1800 memiliki sejumlah keunggulan seperti kualitas suara yang tinggi serta grade of services yang lebih baik sebagai konsekuensi kecilnya probabilitas panggilan yang terputus. Sistem digital ini juga memiliki kemampuan yang baik untuk mendukung aplikasi baru seperti data dan fax.
Tingkat frekuensi yang lebih tinggi pada GSM 1800 memiliki pengaruh yang positif dari aspek layanan. Untuk satu area layanan yang sama, GSM 1800 mampu memberikan kapasitas sambungan yang lebih besar, hampir tiga kali lipat, dibandingkan GSM biasa. Meskipun demikian, untuk area layanan yang sama GSM 1800 membutuhkan BTS ( Base Transceiver Station ) yang lebih banyak dibandingkan GSM biasa. Selain itu, untuk beberapa kasus, GSM 1800 memiliki sedikit kendala komunikasi untuk beberapa jenis bangunan tinggi.

Kompatibilitas Handset untuk GSM 1800GSM 1800 hanya bisa beroperasi pada pesawat seluler bertipe Dual Band. Saat ini, sebagian besar merek terkemuka seperti Ericsson, Nokia, Siemens, Samsung maupun Motorola sudah mengeluarkan sejumlah tipe handset berkemampuan Dual Band. Berikut ini adalah Daftar Handset Dual Band yang sudah ada di Indonesia.
Layanan Berbasis GSM 1800Layaknya sebuah teknologi komunikasi bergerak, GSM 1800 mampu mendukung berbagai aplikasi layanan bergerak, termasuk layanan - layanan yang sudah ada pada GSM 900. Teknologi GSM 1800 menyediakan layanan komunikasi bergerak dasar dengan kualitas yang lebih tinggi dari pada GSM versi sebelumnya. Salah satu indikatornya adalah suara yang lebih jernih, sehingga terkadang kita tidak bisa membedakanny dengan hubungan telekomunikasi tetap seperti PSTN. Selain itu, GSM 1800 mampu mengurangi panggilan gagal (drop calls) dan kegagalan koneksi akibat sibuknya jaringan (network busy), hal - hal yang sering terjadi pada jaringan komunikasi seluler saat ini.
GSM 1800 mulai dilihat sebagai platform tekologi seluler pilihan, menggantikan GSM 900, seiring dengan perkembangan layanan - layanan komunikasi bergerak derivatif yang begitu pesat. Saat ini, sejumlah layanan bergerak bernilai telah dikembangkan, yang merupakan peningkatan dari layanan dasar yang telah ada. Saat ini, pengembangan dan operasionalisasi layanan - layanan bernilai telah ditangani secara intensif oleh sebuah unit bisnis tersendiri, yaitu Unit Bisnis Value Added Services (VAS)
Salah satunya adalah layanan pesan singkat atau SMS, yang sangat populer saat ini. Layanan SMS ini berkembang sedemikian jauh sehingga mampu mendukung layanan informasi. Orang dapat mengakses berbagai informasi berharga seperti berita, panduan perjalanan, hiburan dan lain sebagainya.
Aplikasi layanan lain yang lebih kompleks adalah Mobile Commerce. Melalui layanan ini, orang mampu melakukan berbagai transaksi bisnis, seperti memesan barang, memeriksa rekening Bank, membayar berbagai tagihan dan sebagainya.
Salah satu konsep layanan bernilai baru yang berkembang saat ini adalah Layanan berbasis Lokasi (Location-based Services). Layanan ini muncul seiring dengan tuntutan agar orang bisa mendapatkan informasi lokal terdekat yang sangat dibutuhkannya.
Perkembangan GSM 1800GSM 1800 merupakan teknologi komunikasi seluler digital generasi kedua (2G) setelah GSM 900. Meskipun GSM 1800 belum sepenuhnya dioperasikan di seluruh dunia, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan teknologi tersebut, khususnya untuk mendukung aplikasi layanan berbasis multimedia. Untuk tujuan itulah, saat ini sedang dikembangkan sebuah sistem yang dinamakan GPRS (Global Packet Radio Service)
Dan saat ini, tatkala sebagian besar operator seluler sedang berupaya mengoperasionalkan GSM 1800, dunia dikejutkan dengan kehadiran teknologi komunikasi seluler generasi ketiga atau dikenal dengan 3G. Teknologi ini diharapkan mampu menjadi platform yang sangat handal untuk mendukung layanan dasar dan layanan bernilai yang ada saat ini.

Tidak ada komentar: